Melihat Prospektus Ipo Tridomain Performance Material

Bulan April ini Bursa Efek Indonesia (BEI) akan kedatangan emiten gres yaitu Tridomain Performance Material. Perusahaan ini ergerak di sektor chemical/kimia yang memproduksi specialty resin. Rencananya perseroan akan mengatakan 40% dari modalnya yakni sebesar 5.788.233.000 lembar saham dengan nominal 100 di harga antara Rp 210 - Rp 276 per lembar saham. Dengan ini perseroan akan memperoleh sasaran dana sebesar Rp 1,2 triliun - Rp 1,6 triliun dan kapitalisasinya akan sebesar Rp 3 triliun hingga kemudian Rp 4 triliun. Tridomain akan memakai 55% dana yang diperoleh kepada perluasan dan 45% kepada operasional pabrik. Rencananya Tridomain akan tercatat dalam papan bursa pada tanggal 4 April 2018. Berikut ini yakni prospektus Tridomain:
 akan kedatangan emiten gres yaitu Tridomain Performance Material Melihat Prospektus IPO Tridomain Performance Material

Sekilas Mengenai Tridomain
PT Tridomain Performance Materials Tbk merupakan Produsen materi baku khusus (specialty Materials) menyerupai kabel, cat, pita perekat, kulit sintetis, kertas dll melalui Entitas Anak. Total kapasitas produksi Perseroan mencapai 178 KMT dengan 94 KMT (53%) kepada kapasitas produksi specialty resin, 72 KMT (40%) kepada memproduksi plasticizer dan 12 KMT (7%) kepada memproduksi Acylamide.

Keunggulan Daya Saing
- Produsen Specialty Resin yang Terdiversifikasi. Perseroan merupakan produsen resin dengan kemudahan produksi yang terintegrasi serta terbesar di Indonesia.
- Posisi yang lebih banyak didominasi di Pasar: Pangsa pasar Specialty Resin sebesar 18%, plasticizer sebesar 60% dan Acrylamide (70%) yang merupakan satu-satunya produsen di Asia Tenggara.
- Loyalitas dan hubungan jangka panjang yang akrab dengan Pelanggan dengan total sekitar 300 pelanggan selama 30 tahun menyerupai Nippon Paint, INKP, dll.
- Fasilitas produksi yang terintegrasi dengan efisiensi yang tinggi.
- Pelanggan selesai yang beragam

Prospek Usaha
- Specialty Resin: turunan produk berupa i) amino resin yang dipakai sebagai materi baku industry cat dan coating; ii) unsaturated Polyester Resin dipakai di bermacam industry menyerupai kancing, atap plastik, tangki, dll; iii) Latex Resin yang dipakai kepada perekat. Specialty Resin secara rata-rata tumbuh 7.5% dari tahun 2011 – 2016. Sesampai kemudian diperkirakan kepada kedepannya prospek Specialty Resin masih akan tumbuh di atas 8%.
- Plasticizer merupakan materi perhiasan kepada pembuatan barang-barang plastik tumbuh 7%.
- Acrylamide yang dipakai dalam industry pembuatan kertas, pengolahan biji besi, dll tumbuh 6.8% per tahun.

Financial Statement
Penjualan Perseroan meningkat di kuartal III 2017 alasannya yakni peningkatan penjualan Specialty Resins sebesar 5.14% dan Plasticizers +161%. Kontribusi penjualan terbesar berasal dari penjualan specialty resins (32.87%), Plasticizers (30.29%), trading & technical services (30.93%) dan Acrylimide (5.92%). Penjualan Perseroan sebesar 92% yakni domestik dan 8% yakni ekspor. Laba higienis meningkat signifikan disebabkan adanya efisiensi materi baku. PBV FY 2018F berada pada level 1.1x – 1.3x dibandingkan dengan industry berada pada level 4x. Dengan asumsi keuntungan higienis di tahun 2017 sebesar US$ 8 juta maka Tridomain dihargai dengan PER 27 - 37 yang cukup premium. Di tahun 2016 pendapatannya menurun namun keuntungan bersihnya masih meningkat dan di tahun 2017 pendapatan dan keuntungan bersihnya meningkat. Hal itu memperlihatkan efisiensi yang manis dan bisnisnya masih bertumbuh.

Kesimpulan:
Saham Tridomain menarik diperhatikan alasannya yakni berada pada industri yang masih bertumbuh dan mempunyai pangsa pasar yang besar serta mendasar yang bagus. Namun harganya cukup premium dari perolehan keuntungan bersihnya. Bagi yang ingin melihat prospektusnya ada disini

PS: Ini hanyalah sekedar isu kepada para investor. Risiko dalam berinvestasi ditanggung sendiri oleh masing-masing investor. Info ini hanya berbentuk opini menurut fakta-fakta yang ada. 
Dislaimer ON!

Sumber https://www.stockdansaham.com/

0 Response to "Melihat Prospektus Ipo Tridomain Performance Material"

Post a Comment