Pgas Masih Belum Tancap Gas Di 2017

Kinerja Perusahaan Gas Negara (PGAS) di tahun 2017 masih kurang elok atau malah bertambah buruk. Dalam 5 tahun terakhir PGAS menunjukkan penurunan yang besar dalam fundamentalnya. Hasilnya harga saham PGAS malah jauh lebih rendah dibandingkan harganya pada 10 tahun yang lalu. Di tahun 2008 saham PGAS menyentuh harga 2800/lembar saham lagikan kini harga sahamnya di harga 2400/lembar saham. Kendati naik banyak di tahun 2010 hingga kemudian tahun 2014 namun PGAS menunjukkan penurunannya dari tahun 2014 hingga kemudian sekarang. Berinvestasi di saham PGAS merupakan investasi jangka panjang yang tak menguntungkan dan faktor mendasar yang menjadi kuncinya.
 masih kurang elok atau malah bertambah jelek PGAS Masih Belum Tancap Gas di 2017

Kinerja PGAS
Kendati merupakan BUMN namun itu bukan berarti kita sanggup berinvestasi di saham tersebut dengan tenang. PGAS merupakan salah satu perusahaan BUMN yang mencatatkan kinerja yang buruk. Pendapatan dan keuntungan bersihnya menurun dari tahun ke tahun semenjak tahun 2014. Oleh alasannya yaitu itu saham PGAS mengalami penurunan harga yag tajam semenjak taun 2014. Sedangkan di tahun 2017 PGAS juga masih mencatatkan kinerja yang kurang bagus. Meskipun pendapatannya naik namun pendapatannya hanya naik tipis dari US$ 2934,7 juta di tahun 2016 menjadi US$ 2969,5 di tahun 2017. Namun keuntungan bersihnya malah anjlok dari US$ 308,5 juta di tahun 2016 menjadi US$ 147,7 juta di tahun 2017 atau anjlok 52%! Nampaknya PGAS kesulitan dalam mencetak keuntungan alasannya yaitu peningkatan beban di laporan keuangannya. Selain itu potensi PGAS apabila dilihat dari pendapatannya sangat tak bagus, administrasi kesulitan dalam mencari ruang kepada bertumbuh dan itu terukti dari laporan keuangannya. Secara garis besar hingga kemudian kini kinerja PGAS masih kurang elok namun kecukupan administrasi sanggup memutar balikkan keadaan dengan efisiensi sesampai kemudian keuntungan bersihnya kembali meningkat namun itu perlu pembuktian pada laporan keuangannya yang akan datang.

Valuasi Harga Saham
Bila dilihat dari laporan keuangannya di tahun 2017 keuntungan higienis per saham PGAS juga menurun drastis menjadi US$ 0,006. Apabila di konversi ke rupiah dengan kurs Rp 13.500 maka keuntungan higienis per saham PGAS yaitu sebesar Rp 81/lembar. Dengan harganya di 2400 maka PGAS mempunyai PER 29,7 yang artinya sangat mahal apabila dibandingkan dengan kinerjanya. PBV PGAS berada di 1,4 yang cukup standard namun kurang undervalue apabila dilihat dari kinerjanya. PGAS sangat kesulitan dalam mencatatkan pertumbuhan pendapatan dan apabila bencana ini berulang maka valuasinya terlihat sangat mahal.

Kesimpulan:
Sejarah yang panjang dan label BUMN tak membuat PGAS menjadi perusahaan yang kebal dan layak investasi. Kinerjanya yang memburuk pada sedikit tahun terakhir membuat harga sahamnya juga anjlok dalam jangka panjang. Perlu adanya perubahan mendasar dari administrasi dan sebaiknya investor wait and see kepada saham yang satu ini.

PS: Ini hanyalah sekedar informasi kepada para investor. Risiko dalam berinvestasi ditanggung sendiri oleh masing-masing investor. Info ini hanya berbentuk opini menurut fakta-fakta yang ada. 
Dislaimer ON!

Sumber https://www.stockdansaham.com/

0 Response to "Pgas Masih Belum Tancap Gas Di 2017"

Post a Comment