Ptpp Kontraktor Yang Tidak Mempunyai Problem Cashflow

Masalah cashflow tak dialami oleh PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP). Namun Banyak emiten kontraktor yang cenderung mempunyai operating cashflow yang negatif. Hal itu lantaran kontraktor mempunyai kecenderungan bermain dalam proyek turnkey yaitu proyek dimana kontraktor harus mengeluarkan modal dulu sendiri sebelum mendapatkan pembayaran. Akibatnya banyak emiten yang mencatatkan kinerja cashflow yang negatif padahal keuntungan bersihnya meningkat. Hal itu terjadi pada ADHI, WIKA dan WSKT. Kontraktor yang mempunyai cashflow negatif harus berakal dalam mengelola arus kas yang masuk dan keluar serta mengelola sumbangan dengan benar lantaran salah sedikit kontraktor tersebut akan mempunyai duduk kasus dalam pendanaan. Bila terjadi duduk kasus pendanaan maka proyek tak akan sanggup dijalankan sesampai kemudian yang terjadi ialah runtuhnya bisnis kontraktor tersebut.
 Masalah cashflow tak dialami oleh PT Pembangunan Perumahan Tbk  PTPP Kontraktor yang Tidak Memiliki Masalah Cashflow

Kendati banyak emiten kontraktor yang berani mengambil proyek turnkey namun PTPP berbeda. PTPP lebih menentukan mengambil kontrak yang bukan turnkey lantaran lebih berisiko dan masih namun PTPP masih sanggup mentolerir kepada mengambil proyek dengan bagan semi turnkey yang masih membutuhkan modal kontraktor kepada mengerjakan proyeknya. Karena PTPP sangat konservatif dalam menentukan kontrak maka PTPP mempunyai arus kas dari operasi yang selalu positif. Hal ini jauh berbeda dengan emiten BUMN karya yang lain yang mencatatkan operating cashflow negatif. Oleh lantaran itu PTPP layak kepada dilihat kinerjanya kepada investor yang menghindari saham konstruksi lantaran operating cashflow yang negatif.

Kinerja PTPP 2017
Dilihat dalam 5 tahun terakhir PTPP termasuk salah satu perusahaan kontraktor yang mempunyai pertumbuhan cemerlang. Dalam 5 tahun asetnya meningkat dengan rata-rata (CAGR/Compound Annual Growth Rate) 35%, CAGR ekuitas sebesar 64%, CAGR pendapatan sebesar 16% dan CAGR keuntungan higienis sebesar 41%! Perumbuhan ini dilakukan secara berkelanjutan dan tak ada pasang surut dalam bisnis PTPP, pendapatan dan keuntungan bersihnya selalu meningkat. Dalam 5 tahun terakhir arus kas dari operasi PTPP tak ada yang negatif dan semuanya faktual ditambah lagi di tahun 2017 arus kas operasinya meningkat dari Rp 986 miliar di tahun 2016 menjadi Rp 1.462 miliar di tahun 2017. Tahun 2017 merupakan tahun dengan pertumbuhan yang pesat, pendapatan dan keuntungan bersihnya meningkat masing-masing sebesar 30,7% dan 42,1%! Angka ini sangat manis mengingat jarang ditemui perusahaan lain yang mempunyai pertumbuhan yang pesat dan konsisten menyerupai PTPP. Manajemen PTPP mematok pertumbuhan sebesar 25% kepada tahun ini dan nilai kontrak yang meningkat 20%. Ini merupakan katalis faktual kepada proyeksi PTPP kedepannya dan merupakan alasan PTPP akan tetap bertumbuh di tahun 2018.
 Masalah cashflow tak dialami oleh PT Pembangunan Perumahan Tbk  PTPP Kontraktor yang Tidak Memiliki Masalah Cashflow
Kinerja 5 Tahun PTPP 2017
Sumber: Idx.co.id

Valuasi Harga Saham
Seperti teman-temannya emiten konstruksi BUMN di bombardir di tahun 2017 dan PTPP tak mendapatkan pengecualian kendati duduk kasus sentimen negatif cashflow tak kuat pada PTPP. Oleh lantaran itu di tahun ini harga saham PTPP jauh lebih murah dibandingkan tahun lalu. Dengan harga 3000 saham PTPP kini ini dihargai dengan PER 12,8 dan PBV sebesar 1,3. Hal itu jauh lebih murah dibandingkan dengan kinerjanya yang cemerlang di tahun 2017 dan diproyeksi bertumbuh di tahun 2018. Selain itu di harga 3000 saham PTPP memperlihatkan dividen yield sebesar 1,6%.

Kesimpulan:
PTPP merupakan kontraktor yang tak mempunyai duduk kasus cashflow lantaran terbukti dalam laporan keuangannya arus kas operasi PTPP selalu positif. Kendati demikian tetap saja sentimen negatif cashflow pada emiten BUMN konstruksi mengenai PTPP dan tanpa pandang bulu. Oleh lantaran itu sentimen tersebut sangat tak logis dan merupakan peluang kepada mengoleksi saham PTPP lantaran kinerjanya yang manis dan harganya yang murah.

PS: Ini hanyalah sekedar warta kepada para investor. Risiko dalam berinvestasi ditanggung sendiri oleh masing-masing investor. Info ini hanya berbentuk opini menurut fakta-fakta yang ada. 
Dislaimer ON!

Sumber https://www.stockdansaham.com/

0 Response to "Ptpp Kontraktor Yang Tidak Mempunyai Problem Cashflow"

Post a Comment